Biaya-Biaya Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Penawaran
Sebenarnya berapa sih biaya yang di perlukan kontraktor untuk membuat sebuah penawaran tender atau lelang paket konstruksi ?
Berikut hitung-hitungan biaya yang kontraktor perlukan untuk membuat suatu penawaran.
Tidak ada yang gratis, begitu juga ketika kontraktor ingin mengikuti suatu lelang proyek di suatu instansi atau di kementerian. Biaya-biaya tersebut di butuhkan sebagai modal kontraktor untuk memenuhi syarat-syarat yang ada pada dokumen lelang.
Buat para teman-teman kontraktor sebelum mengikuti lelang harap dipertimbangkan biaya-biaya yang akan dikeluarkan untuk membuat sebuah penawaran, biaya-biaya tersebut akan digunakan untuk administrasi, biaya sewa alat, biaya sewa personil dan biaya-biaya lainnya.
Memang Biaya-biaya yang dibutuhkan dalam membuat penawaran tender atau lelang bervariatif untuk masing-masing daerah atau asing-masing Instansi.
Berikut hitung-hitngan biaya yang akan dikeluarkan bagi para kontraktor yang ingin mengikuti lelang atau tender pada suatu proyek. Sebagai refrensi berikut Contoh Data Pengadaan Di Kemeterian PU tahun 2017
Pada Lembar Data Kualifikasi (LDK) sebagai Berikut :
1. Nama Paket : Pelebaran Jalan Dalam kota
2. Nilai paket Rp. 19.971.350.000.000,-
3. Personil sebagai berikut :
- S1 Teknik Sipil Jabatan dalam pekerjaan General Superintendent Pengalaman 5 Tahun, Profesi/Keahlian SKA-Ahli Madya Pelaksana jalan
- S1 Teknik Sipil Jabatan dalam pekerjaan Highway Engineer Pengalaman 5 Tahun, Profesi/keahlian SKA-Ahli Madya Pelaksana jalan
- S1 Teknik Sipil Jabatan dalam pekerjaan Brige Engineer, pengalaman 5 tahun, Profesi/keahlian SKA-Ahli Madya Pelaksana Jembatan
- S1 Teknik Sipil Jabatan dalam pekerjaan Quality Control Manager, pengalaman 5 tahun, Profesi/keahlian SKA-Ahli Manajemen Mutu
- S1 Teknik Sipil Jabatan dalam pekerjaan K3 Konstruksi, pengalaman 5 tahun, Profesi/keahlian SKA-Ahli K3
3. Peralatan yang dibutuhkan sebagai berikut:
5. Besarnya Jaminan Penawaran adalah Rp 399.427.000,-
Berikut Coba kita hitung biaya-biaya yang dibutuhkan untuk membuat satu penawaran paket konstruksi tersebut :
Asumsi Peralatan dan Personil sewa semua.
Peralatan, Staf yang perlu dipersiapkan
- 1 Orang atau lebih, Staff Pembuat Penawaran
- Sebuah Laptop atau Pc
- Printer + scanner
- Layanan Internet
- Alat tulis dan Kantor (ATK)
DATA ADMINISTRASI :
Biaya Sewa Personil
Rata-rata biaya yang dibutuhkan untuk sewa personil sesuai Syarat personil pada dokumen LDK diatas adalah perorang 2 juta, jika dibutuhkan 5 orang maka biayanya adalah 5 x 2.000.000 adalah 10 Juta Rupiah.
Biaya Sewa Peralatan :
- Asphalt Mixing Plant, Rata-rata biaya yang dibutuhkan untuk mendapatkan surat perjanjian sewa AMP adalah 10 Juta
- Stone Crusher, Rata-rata biaya yang dibutuhkan untuk mendapatkan surat perjanjian sewa Stone Crusher adalah 5 Juta
- Asphalt Finisher, Motor Grader, Tandem Roller, Tire Roller, Vibratory Roller, Pendistrian Roller, Rata-rata biaya yang dibutuhkan untuk mendapatkan surat perjanjian sewa AMP adalah 500 Ribu/Unit, berarti baya yang dibutuhkan adalah 6 x 500 Rbu adalah 3 Juta
- Dump Truck, Rata-rata biaya yang dibutuhkan untuk mendapatkan surat perjanjian sewa satu Unit Dump Truck adalah 250 Ribu/Unit, Jika dibutuhkan 15 berarti 15 x 250 Ribu adalah 3.75 Juta
- Water Tanker dan Asphalt Distributor, Rata-rata biaya yang dibutuhkan untuk mendapatkan surat perjanjian sewa satu Unit Water Tengker dan Asphalt Distributor adalah 500 Ribu/Unit, Jika dibutuhkan 2 berarti 2 x 500 Ribu adalah 1 Juta
- Untuk alat-alat lainnya hanya diperlukan kwitansi, kita anggap biayanya 500 Ribu.
Biaya untuk membuat surat keterangan dukungan keuangan dari bank pemerintah/swasta sebesar Rp. 1.997.135.000 biasanya adalah 1.5 Juta
Jaminan Penawaran
Biaya untuk membuat surat keterangan dukungan keuangan dari bank pemerintah/swasta sebesar Rp. 399.427.000 biasanya adalah 500 Ribu.
Biaya lain-lain
Pembelian Kertas, dan Matrai Rp. 500 Ribu
DATA TEKNIS
TOTAL BIAYA
Jadi jika kontraktor ingin mengikuti pelelangan untuk nilai paket Rp. 19.971.350.000,- asumsi seluruh peralatan, personil, staff menggunakan jasa sewa, Biaya-biaya yang dibutuhkan untuk membuat satu penawaran tersebut adalah sebesar 42,5 Juta Rupiah.
Jika memasukan penawaran menggunakan 2 perusahaan, biaya yang dibutuhkan adalah 85 Juta rupiah.
Sungguh biaya yang tdak sedikit bukan??, sayang jika kalah dalam penawaran.